27 April 2013

Bolu Kukus Zebra

Bolu kukus merupakan jenis kudapan tradisional yang sangat lazim di sekitar kita dan dapat dengan mudah kita dapatkan apabila kita pergi ke pasar-pasar tradisional..
Selain bentuk dan warnanya yang khas, bolu kukus ini juga sangat lembut dan manis terasa di mulut, sehingga tak heran jika bolu kukus ini menjadi kudapan favorit di keluarga..

Nah, ternyata membuat bolu kukus ini sangat mudah loh teman-teman..
Dengan cara pembuatannya yang dikukus, tentunya menjadi lebih sehat karena tidak terlalu banyak menggunakan mentega..
Dan memang saya pribadi juga sangat suka makanan-makanan yang dimasak dengan cara dikukus, entah mengapa, tapi yaa terasa lebih enak dan sehat saja menurut saya hehehehe..

Maka dari itu, saya tergerak untuk mencoba membuat bolu kukus.
Dan untuk resep yang satu ini, saya mencoba membeli paket bolu kukus instan yang tersedia di supermarket-supermarket..
Saat saya belanja, sering kali saya melihat berbagai macam paket instan untuk berbagai macam makanan, seperti spaghetti, bubur, mie, es krim, brownies, agar-agar, black forest, bolu lapis surabaya, hingga bolu kukus..

Hmm..jaman sekarang semuanya serba instan, betul bukan?
Memang tidak dapat dipungkiri bahwa semakin maju gaya hidup manusia, semakin sibuk dan minim waktu yang dapat diluangkan untuk melakukan hal-halyang bersifat tradisional, seperti memasak..
Banyak sekali orangtua, terutama para ibu yang juga bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, sehingga seringkali waktu untuk menjadi seorang IRT (ibu rumah tangga) sudah tersita oleh pekerjaan.
Sehingga akhirnya lebih memilih untuk menyajikan makanan yang instan-instan saja, atau membeli di kedai siap saji yang sudah berjamur dimana-mana.

Tetapi sejujurnya saya kurang setuju dengan berbagai paket makanan instan ataupun kedai yang menyediakan makanan siap saji.
Dimana sang pembeli nanti hanya perlu memanaskan makanan instan tersebut dalam microwave ataupun menyeduhnya .
Atau lebih mudah lagi, tinggal pergi ke kedai siap saji dan memesan makanan yang diinginkan, dan voilaa, makanan sudah tersedia dalam hitungan menit.

Hmmm..kalau saya pribadi sih saya tetap memegang prinsip bahwa home-made food is the best!!
Yang pasti tidak banyak mengandung pengawet dan bahan-bahan kimia bukan?
Kita juga dapat memilih sendiri bahan-bahan makanan yang masih segar, dan mengandung banyak vitamin dan serat.
Selain itu kita juga bisa memilah sendiri bagaimana cara kita memasak dan mempersiapkan makanan kita sesuai selera dan pastinya akan  lebih sehat dan terjamin kualitasnya..
Sehingga kalori yang kita makan pun dapat terkontrol dengan baik, ditambah lagi berbagai manfaat kesehatan untuk jiwa dan raga.
Ada pepatah mengatakan " You are what you eat "
Maka marilah kita menjaga apa yang kita makan, agar hidup kita sehat dan terhindar dari berbagai penyakit

Yahh, untuk resep bolu kukus zebra yang satu ini tidak dapat dipungkiri memang sangat mudah dan serba instan.
Semua takaran bahan-bahan dan proses pembuatannya sudah sangat mudah dan jelas dijabarkan dalam paketnya.Saya mempersiapkan bolu kukus ini dalam waktu kurang dari 1 jam, dan yang saya lakukan hanya mengikuti semua langkah pembuatan dan mencampur semua bahan yang sudah ada.

Dan memang hasilnya pun enak, lembut, dan mengembang sempurna.
Namun tidak dapat dipungkiri bahwa ini tetap bolu kukus instan, yahh saya sendiri kurang puas dengan hasil ini karena saya lebih memilih untuk membuat semuanya dari nol..
Namun untuk keadaan-keadaan darurat, yah tidak ada salahnya bukan?
:D

Ada komentar teman-teman mengenai makanan-makanan instan lainnya yang mungkin sudah pernah dicoba?

love,

dr.Petty A


 

No comments:

Post a Comment