01 May 2013

Udang Tahu Pedas

Hidangan udang, selain nikmat dan gurih, ternyata bermanfaat juga untuk kesehatan loh!!
Nah, masakan yang satu ini dibuat oleh teman sejawat saya yang bernama dr.Fitri Armanti, sama seperti saya, kami baru mulai menggeluti dunia dapur ini semenjak program internship.
Bagi teman-teman yang belum tahu, program internship adalah program bagi dokter-dokter untuk mengabdi ke daerah selama 1 tahun..
Yaa, beginilah nasib perantauan, saat pengen makan sesuatu, yaa mau tak mau harus memasak sendiri, maka disinilah panggilan 'dapur itu dimulai, eheheheh :D

Berikut resepnya,

*BAHAN* :
250gr udang basah
2 buah tahu besar
1sdm garam
1sdt gula
1sdm saus tiram

Bumbu halus :
3 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 buah tomat
5 buah cabai merah
3 buah cabai rawit

*CARA MEMBUAT* :
- Bersihkan udang, dapat disesuaikan dengan selera masing-masing, apakah mau dikupas dan disisakan kulit pada bagian ekornya, ataupun utuh dengan kulit dan kepala udangnya.
- Belah tahu menjadi 4 bagian, lalu goreng dalam minyak hingga kekuningan.
- Campur semua bumbu halus, goreng dalam minyak.
- Masukkan udang, tambahkan garam, gula, dan saus tiram. Tunggu hingga udang matang, yaitu berwarna merah muda.
- Masukkan tahu, aduk rata.
- Sajikan hangat.

Yummy!

Kebanyakan orang masih khawatir bila mengkonsumsi udang dalam makanan sehari-hari.
Hal ini dikarenakan pandangan masyarakat mengenai udang yang sangat erat kaitannya dengan kolesterol.
Memang betul bahwa udang mengandung kolesterol yang tinggi, dimana 100 gram udang setara dengan 125-250mg kolesterol.
Namun anehnya, ternyata udang memiliki kadar kalori dan lemak jenuh yang rendah, dimana selain terjadi peningkatan kadar LDL (kolesterol jahat), mengkonsumsi udang juga dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik).

Berdasarkan fakta tersebut, maka udang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi orang-orang dengan kadar kolesterol yang normal, dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang cenderung memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Namun, selain fakta mengenai udang dan kolesterol, ternyata udang juga menyimpan banyak fakta menarik lainnya untuk kesehatan, antara lain :
-Mencegah kanker : dengan kandungan selenium yang tinggi, udang dapat mencegah kanker terutama kanker prostat.

-Menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku : protein merupakan zat pembentuk bagi kulit, rambut, dan kuku yang sehat. udang sangat kaya akan protein tersebut, sehingga dengan mengkonsumsi udang, alhasil kesehatan kulit, rambut, dan kuku dapat terjaga.

-Meningkatkan energi : lemas, letih, dan lesu adalah pertanda kekurangan zat besi, dengan mengkonsumsi udang yang kaya akan zat besi, kita juga akan merasa lebih berenergi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. tentunya dengan kalori yang terkontrol, karena udang mengandung kalori yang rendah :)

-Menguatkan tulang : udang kaya akan fosfor yang sangat baik untuk kekuatan tulang, selain itu ternyata kulit udang mengandung glukosamin yang sangat baik untuk pembentukan tulang rawan pada persendian. maka dari itu, para ahli kesehatan menganjurkan untuk mengkonsumsi udang beserta kulitnya.

-Membantu proses pencernaan lemak : udang ternyata juga kaya akan vitamin B3 (niasin) yang penting dalam metabolisme lemak, karbohidrat dan protein untuk menghasilkan energi bagi tubuh kita.

-Membantu daya ingat : seperti halnya ikan laut lainnya, udang kaya akan omega-3 esensial yang sangat baik untuk daya ingat dan vitalitas otak.

-Menjaga kadar gula dalam darah : berdasarkan penelitian terbaru, magnesium berperan dalam menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil, dan udang mengandung kadar magnesium yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kencing manis.

Nah, dengan berbagai fakta menarik dibalik hidangan laut yang gurih dan nikmat ini, maka tidak takut lagi kan, untuk mengkonsumsi udang :)
Namun tentunya dalam porsi yang terkontrol ya :)


love,

dr.Petty A & dr.Fitri

2 comments:

  1. cara buatnya gmana tuh? hehe

    ReplyDelete
  2. gampang ricky, nti ke rumah yaa biar diajarin ahahaha..

    jangan makan aja bisanya wkwkwkwk

    ReplyDelete