24 May 2013

Apple Pie

Yummyyy!!
Bukan bermaksud sombong atau gimana, tapi saya cukup bangga dengan hasil masakan saya yang satu ini.. :P
Oohh betapa cantiknya apple pie :D
Dan ini adalah pertama kalinya saya mencoba membuat apple pie.

Setelah sekian lama, saya sudah ingin sekali mencoba membuat resep apple pie ini, namun selalu waktunya tidak tepat.
Bisa jadi saya sedang sibuk, atau alat dan bahan yang diperlukan tidak memadai.

Nah hingga datanglah saat yang tepat dimana saya akhirnya bisa mencoba membuat apple pie :D
Ternyata untuk membuat apple pie ini tidaklah sulit, namun memang cukup rumit dan menyita waktu.
Saya menghabiskan waktu seharian untuk membuat apple pie ini dari pagi hingga sore hari.
Sebenarnya untuk membuat isi dari apple pie ini cukup mudah dan sederhana, namun tantangannya datang dalam membuat kulit pastry-nya. 
Dimana pastry harus menggunakan mentega beku dan air dingin dalam pengolahannya, yang kemudian didiamkan dahulu di kulkas sebelum kemudian dibentuk.

Berikut resepnya,

*BAHAN* :
Bahan Pie Crust :
300gr terigu
1sdt garam
200gr mentega beku, dipotong dadu
7sdm air dingin

Bahan Isi :
6 buah apel, jangan dikupas, cukup dibuang bijinya, potong tipis dan rendam dalam 1sdm air lemon
3/4 cup gula
2 sdm terigu
1 sdt kayu manis bubuk 
1/4 sdt garam
1/4 sdt pala bubuk

Olesan :
1 butir telur dan 2sdm air, kocok lepas

*CARA MEMBUAT* :
- Campur semua bahan isi ke dalam mangkuk, aduk rata hingga seluruh apel terselimuti dengan campuran terigu dan bumbu. Sisihkan.
- Kulit : Campur terigu, garam dan mentega, aduk rata menggunakan tangan hingga adonan menyerupai pasir. Tambahkan 7sdm air dingin, aduk perlahan hingga adonan tidak lengket di tangan. Bagi adonan menjadi dua.
Giling adonan pertama hingga ketebalan 0,5-1cm, letakkan di loyang pie, biarkan sisa pinggiran +/- 1cm untuk melipatnya nanti. Tusuk-tusuk dasar adonan dengan garpu agai air dari isian apel tidak menggenang saat dipanggang.
- Masukkan campuran isi apel ke dalam loyang pie.
- Giling adonan pie ke-dua dan tutup loyang pie. Untuk atasan pie ini dapat dibentuk sesuai selera, bisa dibuat anyaman seperti dalam foto pos saya, atau untuk lebih praktis dapat ditutup semua dengan adonan pie ke-dua. Apabila teman-teman mau membuat anyaman, maka setelah adonan pie digiling, maka dipotong memanjang +/- dengan lebar 1cm, lalu mulailah dianyam sesuai kreasi.
Apabila teman-teman memilih untuk membuat pie yang lebih praktis, yaitu hanya dengan menutupnya semua, maka dapat digunting pada beberapa sisi untuk memberi ruang udara bagi isi pie saat dipanggang.
- Kemudian pipihkan pinggiran pie dengan menyatukan adonan pie pertama dan ke-dua.
- Masukkan pie ke dalam kulkas selama 30 menit sebelum dipanggang.
- Olesi bagian atas pie dengan campuran telur, dan taburi dengan gula pasir.
- Panggang dalam oven 180 C selama 1 jam.
- Keluarkan, sajikan hangat.

Untuk pembentukan dasar pastry-nya masih cukup mudah untuk diikuti karena saya hanya perlu membentuknya sesuai bentuk loyang yang akan saya gunakan.
Nah, saat akan memilin anyaman pastry bagian atasnya, inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi saya.
Saya jadi ingat pelajaran menganyam kain waktu saya dulu masih duduk di bangku SD.
Waktu itu saja saya sudah cukup kesulitan dalam menganyam kain itu, duh duh apalagi menganyam pastry?! x)

Tapi karena saya memang sudah niat sekali untuk membuat apple pie dengan pastry anyaman pada bagian atasnya, jadi tetap saya coba lakukan yang terbaik.

Beberapa kali jalinan pastry yang saya anyam itu patah, sehingga saya harus menyambungnya lagi dan lagi, begitu terus berulang-ulang.
Dibutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk membuat anyaman apple pie ini.
Hingga akhirnya saya menyelesaikan anyaman apple pie saya, dan saya cukup terharu dibuatnya, heheheheh.., maklum, saya menganyam pastry ini kira-kira 1/2 jam loh. :(
Fiuuhhh..yapp! Selesai juga akhirnya.

Lalu setelah apple pie ini saya diamkan di kulkas selama 30 menit, saya olesi dengan kuning telur lalu ditaburi gula pasir di atasnya. Saya panggang dalam oven selama kurang lebih 35-45 menit.
Dan akhirnya, voilaaa!
My beautiful apple pie is done :D and its really delicious :D
Apalagi kalau disajikan hangat-hangat bersama es krim favorit yang ditaruh diatasnya, dan es krim itu akan langsung meleleh karena terkena hangatnya apple pie, yummmy!

Banyak dari kita mengira bahwa apple pie ini merupakan resep tradisional masyarakat Amerika. 
Namun ternyata asal mula resep pie ini berasal dari bangsa Romawi, dimana adonan pie terbuat dari gandum yang dibentuk pada suatu wadah yang kemudian diisi dengan olahan apel.
Di jaman yang serba internasional ini, pie sudah tidak asing lagi terdengar dan sudah menjadi jenis makanan yang dapat dinikmati di berbagai negara, termasuk di Indonesia.
Pada berbagai negara lain, ternyata pie dikenal dengan nama yang berbeda-beda, seperti di Inggris disebut 'Tart' atau di Perancis yang disebut 'Flan'. Nama lain dari pie ini juga cukup beragam, seperti Torta, Tarlets, Tourtiere, Quinche, dan banyak lainnya.

Resep pie khas masing-masing negara juga berbeda-beda, seperti contohnya Shepherd Pie, resep pie andalan orang Inggris ini biasa menggunakan daging domba sebagai isinya.
Namun terlepas dari mana resep pie itu berasal, sebenarnya resep pie ini dapat kita modifikasi sesuai selera, terutama untuk isiannya. Kita dapat memasukkan apapun yang kita sukai kedalam isian pie ini, baik mangga, nenas, peach, bahkan kelapa muda.
Dan hasilnya pasti akan tetap enak dan nikmat, terutama apabila dinikmati bersama keluarga dan orang-orang tercinta :D.



Love,


dr. Petty A














































No comments:

Post a Comment