14 July 2013

Kwetiaw Sapi Kuah ala Vietnam (Pho Bo)

Bagi teman-teman penggemar kuliner Asia, tentunya tidak asing dengan sajian yang satu ini, kwetiaw kuah.
Memang sajian yang satu ini banyak sekali disajikan di restauran-restauran khas Mandarin dengan berbagai ciri keunikan masing-masing.

Untuk resep kwetiaw kuah yang satu ini, mungkin sedikit berbeda dari hidangan yang biasanya kita santap di Indonesia.
Yah, memang karena resep ini asalnya dari Vietnam =P.
Saya sempat terkagum dengan beragam bumbu dan rempah yang belum pernah saya gunakan untuk memasak sebelumnya.
Memang saya sempat khawatir sendiri bagaimana rasanya kwetiaw kuah pho bo bikinan saya ini, karena jujur saja saya belum pernah berkesempatan menikmati resep yang aslinya. Sehingga saya jadi tidak punya gambaran bagaimana seharusnya semua elemen masakan ini menyatu.

Namun saya memberanikan diri untuk tetap mencoba resep yang satu ini, hhahahahahaha, tentunya karena saya termasuk penggemar kuliner asia, terutama yang berbau kuah dan hangat saat disantap.

Berikut resepnya,

*BAHAN* :
2 bawang bombay
2cm jahe
2 buah bunga lawang
3 buah cengkeh
2cm kayu manis
500 gr daging sapi, iris tipis
2sdm kecap ikan
2 batang daun bawang
1 bungkus kwetiaw kering, masak dalam air panas, sisihkan
1 ikat sawi hijau, rebus sekilas
100gr tauge, rebus sekilas

*CARA MEMBUAT* :
- Tuang daging sapi ke dalam 4 liter air, didihkan, buang residu kaldu.
- Masukkan bawang bombay, jahe, cengkeh, kayu manis, dan bunga lawang. Masak dengan api kecil hingga 1,5jam, buang residu yang terbentuk.
- Tambahkan kecap ikan, gula, garam, dan lada secukupnya.
- Taruh kwetiaw yang sudah direbus ke dalam mangkok, tambahkan daging iris, tauge dan sayuran hijau sesuai selera. Lalu siram dengan kuah panas kaldu.
- Sajikan hangat.

Yummy!
Sajian ini sangat lezat disantap saat cuaca dingin sehabis hujan. Apalagi bila ditambahkan dengan cabai yang membuatnya semakin pedas dan berkeringat saat dimakan.
Mari mencoba =D

Love,

dr.Petty A

No comments:

Post a Comment