14 July 2013

Kastengels

Bagi para pencinta keju seperti saya, akan sangat sulit menolak godaan kue kering yang satu ini.
Yup, kastengels namanya, kue kering yang hampir setengah adonannya terdiri dari keju asli ini begitu terasa gurih, renyah, dan nikmat saat disantap, membuat kita tidak bisa menolak untuk memakannya lagi. =P

Seringkali kita melihat kastengels yang dijual di toko-toko kue dengan harga yang lumayan mahal.
Yah, kalau melihat bahan dan cara membuatnya yang cukup menyita waktu, memang tidak heran jika harga kue kering yang satu ini cukup tinggi di pasaran.

Namun apabila teman-teman termasuk orang yang suka menyibukkan diri dalam dapur seperti saya, mengapa tidak mencoba membuat kue kering favorit keluarga yang satu ini? =)
Dijamin kue kering buatan sendiri dengan bahan-bahan yang bermutu pasti tidak kalah enaknya, dan tentunya kita dapat memakan sepuasnya bukan?! Karena 1 resep yang akan saya bagikan ini dapat memenuhi hingga 2 toples 500gr.
Jadi, mengapa tidak kita coba saja? =D

Berikut resepnya,

*BAHAN* :
400gr mentega
100gr margarin
150gr keju tua, parut
2 kuning telur
1 putih telur
450gr tepung terigu
50gr maizena

Bahan olesan :
2 kuning telur, dicampur dengan 2sdm minyak goreng

*CARA MEMBUAT* :
- Kocok mentega, margarin, keju tua hingga lembut. Masukkan kuning telur dan putih telur, kocok rata.
- Masukkan tepung terigu dan maizena, aduk rata.
- Cetak adonan memanjang, lalu susun di atas loyang. Olesi dengan campuran kuning telur. Apabila teman-teman ingin mempercantik kue kering yang satu ini, dapat ditaburi dengan keju cheddar parut sesuai selera. Namun menurut saya, kue kering ini sudah enak sekali rasanya terlepas dengan taburan keju atau tidak. =D
- Panggang dalam oven suhu 180 C selama 25-30 menit, atau hingga matang.
- Angkat, tunggu dingin dan susun dalam toples kedap udara.

Yummy!

Nah, mudah bukan cara membuatnya. Tapi memang resep kue kering ini cukup banyak menyita waktu, apalagi dengan waktu memanggangnya yang cukup lama apabila dibandingkan dengan resep kue kering lainnya.
Namun semua itu akan terbayar saat teman-teman menyium aroma keju semerbak dari panggangan ketika kastengels ini sudah matang, sungguh membuat air liur menetes!
Mari mencoba! =D

Love,

dr.Petty A

No comments:

Post a Comment