30 June 2013

Marmer Cake

Untuk artikel saya yang satu ini, saya membuat marmer cake.
Saya sangat menikmati waktu-waktu dimana saya pergi ke toko kue atau ke supermarket untuk melihat berbagai macam jenis kue, mulai dari jajanan pasar yang tradisional, roti-roti yang begitu harum dan lembut, hingga beragam kue yang begitu cantik.

Kadang teman-teman saya suka bingung sendiri melihat betapa saya menikmati waktu-waktu berkeliling di bagian kue dan roti. Hahahahahah =D
Dan saya sudah tau dari siapa saya mewarisi kesenangan yang satu ini, yaitu dari ibu saya sendiri. 
Masih terpatri dalam ingatan saya betapa ibu saya menyukai pergi ke tempat-tempat yang menjual kue dan roti.
Namun terutama, ibu saya paling suka sekali dengan yang namanya roti, apapun itu bentuknya.
Ibu saya akan mengetes betapa lembut rotinya dengan menekannya sedikit, lalu mencium aroma segar dari panggangan.
Yuummm..dan mungkin memori itu menjadi terpatri dalam benak saya dari kecil hingga saat ini.

Nah sekarang saya akan bercerita sedikit tentang kue marmer ini.
Ibu saya bukanlah seorang pemanggang kue yang handal, sehingga sering sekali hasil panggangannya akan bantat. =P
Namun saya ingat betul saat ibu saya membuat kue marmer dan hasil panggangannya tidak pernah bantat, dan kami akan dengan riang gembira memakan kue yang begitu cantik dan nikmat ini.

Ternyata memang kue marmer adalah resep kue yang sangat mudah untuk diikuti dan bisa dibilang jarang sekali menjadi bantat.
Maka saya mendorong teman-teman sekalian untuk mencari resep kue marmer favorit dan mencobanya di rumah.
Saya jamin hasilnya pasti tidak bantat, dan kita dapat berkreasi dengan corak yang ingin kita bentuk pada kue. =D
Baking is just so fun, isn't it?! =D

Berikut resepnya,

*BAHAN* :
250gr mentega
200gr gula pasir
1/4sdt vanilla bubuk
5 telur
225gr terigu
30gr tepung maizena
1sdt baking powder
2sdm coklat bubuk, dilarutkan dalam 2sdm air panas
50cc susu cair

*CARA MEMBUAT*:
- Kocok mentega, gula pasir, dan vanilla bubuk sampai lembut.
- Tambahkan telur satu per satu, kocok perlahan.
- Masukkan tepung terigu, maizena, dan baking powder sambul diayak dan kemudian diaduk rata bergantian dengan susu cair.
- Sisihkan 1/4 bagian adonan, tambahkan larutan coklat bubuk, aduk rata.
- Tuang adonan bergantian putih dan coklat ke dalam loyang yang sudah dioles mentega
- Panggang dalam oven suhu 180 C selama 50 menit, atau hingga matang.

Kue marmer ini adalah hasil percobaan pertama saya dalam membuatnya, dan taraaaa memang tidak bantat hasilnya!
Dan waktu yang diperlukan untuk membuatnya juga hanya 30 menit hingga 1 jam.
Sehingga kita dapat menikmatinya hari itu juga, yumm.
Rasanya pas dan corak yang terbentuk sangat cantik, perpaduan warna kuning dan coklat yang begitu menggoda, hmmm..so yummy!!

Tips untuk membuat kue marmer dari ibu saya adalah, jangan terlalu banyak memisahkan adonan coklatnya untuk membentuk corak marmer yang indah/
Karena apabila adonan coklatnya lebih banyak dibandingkan adonan kuenya, hasilnya akan menjadi lebih dominan.
Lalu namanya bukan lagi kue marmer, melainkan menjadi kue coklat, hahahahaha.

Yep, itu saja cerita saya membuat kue marmer ini, dan saya sangat menikmat proses pembuatannya yang mudah, dan tentu saja hasilnya yang sempurna!!
Yummy =P

Love,

dr.Petty A

No comments:

Post a Comment